ALASAN MERINDUKAN RAMADHAN

Seperti seorang kekasih, selalu diharap-harap kedatangannya. Rasanya tak ingin berpisah sekalipun Cuma sedetik. Begitulh Ramadhan seperti digambarkan sebuah hadits yang diriwayatkan Ibu Khuzaimah, “Andaikan tiap hamba mengetahui apa yang ada dalam Ramadhan, maka ia bakal berharap satu tahun itu puasa terus.” Sesungguhnya, ada apanya di dalam Ramadhan itu, ikutilah berikut ini:

1. Gelar Taqwa

Taqwa adalah gelar tertinggi yang dapat diraih manusia sebagai hamba Allah. Tidak ada gelar yang lebih mulia dan tinggi dari itu. Maka setiap hamba yag telah mampu meraih gelar taqwa dijamin hidupnya di surga dan diberi kemudahan-kemudahan di dunia. Dan puasa adalah sarana untuk mendapatkan gelar taqwa itu. “Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (QS Al-Baqarah:183).

2. Bulan Pengampunan

Tidak ada manusia tanpa dosa, sebaik apapun ia. Sebaik-baik manusia bukanlah yang tanpa dosa, sebab itu tidak mungkin. Manusia yang baik adalah yang paling sedikit dosanya, lalu bertobat dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan dosa itu lagi.

3. Pahalanya dilipat gandakan

Tidak hanya pengampunan dosa, Allah juga telah menyediakan bonus pahala berlipat-lipat kepada siapapun yang berbuat baik pada bula mulia ini. Rasulullah bersabda, “Setiap amal anak keturunan dam dilipat gandakan. Tiap satu kebaikan sepuluh lipat gandanya hingga tujuh ratus lipat gandanya.”(HR. Bukhari Muslim).

4. Pintu Surga dibuka dan neraka ditutup

“Kalau datang bulan Ramadhan terbuka pintu surga, tertutup pintu neraka, dan setan-setan terbelenggu.”(HR Muslim).

5. Ibadah istimewa

Keistimewaan puasa ini dikatakan Allah lewat hadis qudsinya, “Setiap amalan Anak Adam itu untuk dirinya, kecuali puasa. Itu mulik-Ku dan Aku yang membalasnya karena ia (orang yang telah berpuasa) meninggalkan syahwat dan makanan karena Aku.”(HR Bukhari).

6. Dicintai Allah

Bila Allah telah mencintai hambanya, dilukiskan dalam satu hadis Qudsi, “Kalau Aku telah mencintai seseorang, Aku menjadi pendengaran untuk telinganya, menjadi penglihatan untuk matanya, menjadi pegangan untuk tangannya, menjadi langkah untuk kakinya.” (HR Bukhari).

7. Do’a dikabulkan

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, katakanlah bahwa Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang berdo’a apabila dia berdo’a, maka hendaklah mereka memenuhi (segala perintah)Ku.” (QS Al-Baqarah: 186).

8. Turunnya Lailatul Qodar

Pada bulan Ramadhan Allah menurunkan satu malam yang sangat mulia. Saking mulianya Allah mengambarkan malam itu nilainya lebih dari seribu bulan (QS Al-Qadr).

9. Meningkatkan kesehatan

Sudah banyak terbukti bahwa puasa dapat menigkatkan kesehatan. Misalnya, dengan puasa maka organ-organ pencernaan dapat istirahat. Pada hari biasa alat-alat pencernaan di dalam tubuh bekerja keras. Setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh memerlukan proses pencernaan kurang lebih delapan jam. Empat jam diproses di dalam lambung dan empat jam di usus kecil (ileum).

10.Penuh harapan

Ada dua harapan bagi orang yang berpuasa. Pertama harapan berbuka dan kedua harapan bertemu Tuhan, masya ‘Allah, menjadikan hidup lebih bermakna. “Setiap orang berpuasa selalu mendapat dua kegembiraan, yaitu tatkala terbuka puasa dan saat bertemu dengan Tuhannya.”(HR. Bukhari).

11.Masuk surga melalui pintu khusus, Rayyaan

“Sesungguhnya di surga itu ada sebuah pintu yang disebut rayyan yang akan dilewati oleh orang-orang yang berpuasa pada hari kiamat nant, tidak diperbolehkan melewatinya selain mereka. Ketika mereka di panggil, mereka akan segera bangkit dan masuk semuanya kemudian ditutup.” (HR Bukhari).

12.Minum air telaganya Rasulullah SAW

Mereka (para shahabat) berkata, “Wahai Rasulullah, tidak setiap kami mempunyai makanan untuk diberikan kepada orang yang berbuka puasa.” Beliau berkata, “Allah memberikan pahala kepada orang yang memberi buka puasa meski dengan sebutir kurma, seteguk air dan sesisip susu....... barang siapa memberi minum orang yang berpuasa maka Allah akan memberinya minum seteguk dari telaga dimana ia tidak akan haus hiungga masuk surga.” (HR. Ibnu Khuzaimah dan Baihaqi).

13.Berkumpul dengan sanak keluarga

Pada tanggal 1 Syawal ummat Islam merayakan Hari Raya Idul Fitri. Inilah hari kemenangan setelah berperang melawanb nbafsu dan syetan selama bulan Ramadhan. Silaturahmi dan saling memaafkan itu menurut ajaran Islam bisa berlangsung kapan saja, “Siapa yang ingin rejekinya dibanyakkan dan umurnya dipanjangkan, hendaknya ia menghubungkan tali silaturahmi.”(HR Bukhari).

14.Qaulan Tsaqiilaa

Pada malam Ramadhan ditekankan (disunahkan) untuk melakukan shalat malam dan tadarus Al-Qur’an. Waktu paling baik menunaikan shalat malam sesungguhnya seperdua atau sepertiga malam terakhir. (QS Al Muzzammil: 3).

15.Hartanya tersucikan

Setiap muslim yang mampu pada setiap Ramadhan diwajibkan mengeluarkan zakat. Ada dua zakat, yaitu fitrah dan maal. Zakat fitrah besarnya 2,5 Kg per orang berupa bahan-bahan makanan pokok., sedangkan zakat maal besarnya 2,5% dari seluruh kekayaan bisa sudah mencapai batas nisab dan waktunya.

No comments: